Langsung ke konten utama

TIDAK ADA KEJELEKAN DARI METODE CERAMAH


Tidak dapat dipungkiri, bahwa mata pelajaran di sekolah adalah berawal dari data yang diolah menjadi sebuah informasi. Jadi tidak dapat dipungkiri bahwa menggunakan Metode Ceramah di kelas adalah salah satu metode mengajar yang paling penting dan paling banyak digunakan oleh sebagian besar Bapak/Ibu Guru. Meskipun itu adalah materi praktikum sekalipun, tidak akan pernah meninggalkan yang namanya Metode Ceramah.

Keberhasilan dari metode ini sangat bergantung pada siapa yang menggunakannya dan menyampaikannya. Hakekat dari pengalaman yang dihasilkan untuk siswa dan tujuan pembelajaran yang hendak dicapai.

Metode Ceramah sangat baik  digunakan oleh seorang Guru yang mempunyai tujuan mendidik, mengajar, mengungkapkan sebuah persoalan, berbagi pengalaman pribadi ataupun orang lain dan juga jika seorang Guru ingin menggunakan keahliannya sekedar untuk memperluas pengetahuan siswanya melebihi sarana prasarana yang ada atau bahkan tanpa sarana prasarana sekalipun.

Sedangkan sebuah kesulitan dalam memnggunakan Metode Ceramah adalah bagaimana menjaga agar perhatian siswa tetap fokus pada inti materi yang disampaikan dikarenakan jumlah siswa yang terlalu banyak dalam sebuah kelas.

Akan tetapi ternyata Metode Ceramah inipun juga mempunyai beberapa keuntungan, antara lain:
  1. Lebih hemat waktu, karena dengan metode ini seorang Guru dapat mengajak siswa terfokus langsung pada inti permasalahan
  2. Bagi seorang Guru bisa menghadapi situasi sebuah kelas dengan jumlah siswa yang banyak
  3. Melatih siswa untuk belajar menyimak, mendengar dan mengikuti sebuah topik permasalahan secara baik dan penuh perhatian
  4. Memberikan tambahan pengalaman yang lebih dari sekedar membaca buku dan referensi acuan
  5. Memperkuat sumber bacaan
Semoga bermanfaat. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

LJK UAS UKURAN A4 FORMAT MICROSOFT EXCEL

  Bagi yang membutuhkan, LJK UAS UKURAN A4 DALAM FORMAT MICROSOFT EXCEL, silahkan KLIK DISINI . Semoga bermanfaat.

LJK UAS UKURAN FOLIO/F4 PILIHAN GANDA DAN ESSAY FORMAT MICROSOFT EXCEL

Mungkin ada yang membutuhkan, LJK UAS UKURAN FOLIO/F4 PILIHAN GANDA DAN ESSAY DALAM FORMAT MICROSOFT EXCEL , silahkan KLIK DISINI . Semoga bermanfaat.

BERBAGAI MACAM JENIS-JENIS EKSTENSI FILE

Ada banyak file yang terdapat dalam komputer, seperti file system, program, dan dokumen dari beberapa aplikasi. Untuk memudahkan pengenalan file-file tersebut, setiap software memiliki identitas masing-masing untuk pemberian nama file. Identitas ini disebut dengan ekstensi. Setiap file mempunyai akhiran tiga huruf setelah titik atau disebut dengan ekstensi (ekstension). Ekstensi file berfungsi untuk memudahkan user dalam mengindentifikasi filenya. Ekstensi file (file extension) adalah huruf terakhir setelah titik pada nama file dan menunjukan jenis file. Misalkan nama file kamus.doc mempunyai ekstensi file .doc, dan merupakan file dokumen yang dibuat dengan MS Word. Ekstensi file dapat dikatakan sebagai pengenal jenis file. Kita pernah memperhatikan nama-nama file (berkas) yang ada di komputer? Nah, pada nama-nama file (berkas) tersebut banyak akhiran file (berkas) yang mungkin belum kita ketahui artinya. Misalnya saja kita membuat file yang dibuat dengan program aplikasi Micros