Langsung ke konten utama

MENCARI ARTIKEL DARI INTERNET YANG LAYAK DIJADIKAN SEBAGAI BAHAN REFERENSI DAN RUJUKAN DALAM PENULISAN KARYA ILMIAH


Sebuah artikel bisa dianggap berkualitas apabila hal yang dimaksudkan adalah artikel yang benar benar sesuai dengan artikel yang sedang kita cari. Banyak artikel bagus tetapi belum tentu berkualitas. Karena di jaman sekarang sudah sangat terlalu mudah untuk mencari bahan bacaan atau artikel dengan menggunakan Internet. Kita tidak terlalu bersusah payah dalam mencari referensi ataupun rujukan artikel dari buku-buku ilmu pengetahuan, tetapi kita cukup menggunakan media Internet. Namun harus kita ketahui bahwa semua artikel yang ada di dunia Internet ini belum sepenuhnya benar/dapat dibuktikan kebenarannya.

Hal ini disebabkan karena sudah begitu mudahnya kita untuk menulis suatu artikel yang kemudian kita unggah ke jaringan yang bernama Internet. Betapa pentingnya kita mencari artikel yang benar di Internet ini. Entah itu artikel yang hanya kita baca sekedar untuk menambah pengetahuan ataupun artikel yang layak untuk kita jadikan sebuah referensi atau rujukan dalam membuat karya ilmiah.

Dalam mencari rujukan artikel untuk bahankarya ilmiah kita haruslah berhati-hati. Karena dalam membuat referensi atau rujukan untuk artikel karya ilmiah kita haruslah mencari rujukan yang benar benar dapat dibuktikan kebenarannya, jangan hanya sekedar mengambil rujukan yang ada di Internet. Banyak kesalahan dalam membuat artikel karya ilmiah yang disebabkan salahnya kita mengambil rujukan dari Internet.

Sebagai bahan pertimbangan mengenai cara mencari artikel di Internet yang layak dan berkualitas untuk dijadikan referensi atau rujukan dalam karya ilmiah kita, beberapa hal berikut ini semoga dapat membantu.

Pelajari Isi Konten Web/Blog
Isi konten web/blog sangatlah penting untuk isi karya ilmiah. Bacalah dengan benar, seksama dan teliti tentang isi konten artikel yang akan kita jadikan bahan referensi dan rujukan untuk karya ilmiah. Jangan sampai kita mengambil sebuah referensi dengan isi konten yang tidak sesuai dengan isi karya ilmiah kita. Pelajari, apakah artikel yang dibaca itu sesuai dengan yang kita cari untuk isi sebagian karya ilmiah yang akan kita buat ataukah tidak sesuai. Apabila kita mengambil rujukan yang berisi konten tidak sesuai dengan isi karya ilmiah kita maka akan membuat isi artikel karya ilmiah kita menjadi tidak jelas dan amburadul. Pembimbing karya ilmiah itu sangat teliti, apalagi jika ada artikel yang menyisipkan referensi serta rujukan yang diambil dari Internet, karena mereka juga tahu bahwa segala sesuatu yang diambil dari media Internet itu belum semuanya bisa dibilang benar dan tepat.

Cermati Pembuat Artikel
Dalam sebuah artikel dengan konten-konten yang terdapat di Internet itu pasti ada penulisnya. Disini disarankan agar kita melihat siapa penulis dari konten yang kita temukan dari Internet. Apabila penulis itu seorang praktisi ahli, guru, dosen ataukah seorang guru besar salah satu universitas ataupun juga seorang pembimbing dari sebuah sekolah yang sudah mempunyai kredibilitas dalam hal tulis menulis, maka konten tersebut dimungkinkan masih bisa dijamin kebenarannya. Namun sekarang ini jarang ditemui seorang dosen atau guru besar yang mau meluangkan waktunya untuk menulis sebuah artikel di Internet. Mereka justru lebih tertarik untuk menulis Buku karena memang dapat menghasilkan uang dari pada hanya sekedar menulis melalui media Internet. Namun bisa juga hal itu dapat diubah dengan kita mencari konten yang ditulis oleh salah satu mahasiswa sebuah universitas ataupun dari siswa sekolah kredibilitasnya sudah teruji. Karena para mahasiswa maupun siswa menulis artikel atau konten yang berkualitas yang diajarkan oleh pembimbingnya. Bisa juga dari seorang blogger yang sudah handal. Namun kita harus juga mencermati dan meneliti isi dari konten materi tersebut, sesuai ataukah tidak untuk dijadikan bahan referensi dan rujukan karya ilmiah kita.

Lihat Sumber Artikel
Dalam menulis sebuah artikel atau konten di Internet masih banyak penulis yang lupa untuk menuliskan sumber artikelnya. Dengan melihat sumber suatu artikel atau konten yang ada di Internet kita dapat mengetahui kualitas isi dari artikel atau konten yang ada di Internet. Namun sekarang ini lebih banyak artikel atau konten yang ditulis tanpa menuliskan sumber referensi dan rujukan dari artikel tersebut. Ketelitian kita memang sangat dibutuhkan ketika mencari sumber referensi dari Internet.

Lihat Komentar Yang Ada
Artikel atau konten yang ada di Internet ini biasanya ada yang menyediakan tempat untuk memberikan komentar. Entah itu artikel atau konten dari web misalnya blogspot, wordpress ataupun lainnya. Tetapi ada juga seorang penulis artikel yang tidak ingin tulisannya dikomentari oleh pembaca. Tetapi ternyata hal inilah yang sangat banyak dilupakan oleh pencari sumber rujukan di Internet. Selain kita mempelajari isi dari konten, alangkah lebih baiknya apabila kita juga mencermati isi dari komentar yang ada dalam web/blog tersebut. Dalam komentar yang ada tersebut dapat kita lihat bagaimana kualitas isi atau konten dan kualitas pembuat artikel, karena dalam komentar tersebut terdapat beberapa pertanyaan dari pembaca yang lain tentang isi dari konten yang ada dan juga terdapat jawaban dari pembuat artikel mengenai pertanyaan-pertanyaan dari pembaca lainnya. Kita harus sedikit mencermati apakah pembuat artikel dapat menjawab semua pertanyaan dari pembaca ataukah tidak. Dan kita cermati juga apakah jawaban penulis artikel sesuai dengan isi konten yang ditulisnya atau tidak. Karena sebuah blog atau website yang berkualitas adalah blog atau website yang selain banyak pembacanya juga ada yang mengomentari tulisan tersebut, entah itu komentar sekedar untuk bertanya maupun komentar sekedar untuk mengapresiasi isi konten tersebut.

Hindari Artikel Hasil Copy Paste
Tidak sedikit artikel yang ada di Internet ini hasil dari copy paste yang dilakukan oleh pembuat artikel. Hal ini sangat harus kita hindari, karena artikel hasil copy paste yang dipublikasikan itu sangat buruk kualitasnya. Artikel yang copy paste juga sangatlah dibenci oleh pihak Google maupun Search Engine lainnya.
Berikut sedikit ciri-ciri artikel hasil copy paste di Internet : sumber referensi dan rujukan pada artikel yang dipublikasikan tidak dicantumkan, pembuat artikel tidak jelas siapa orangnya, isi artikel yang dibuat sama persis dengan beberapa isi artikel yang lainnya, kaidah dan tata cara penulisan artikel amburadul atau tidak sesuai dengan kaidah dan tata cara dalam menulis sebuah artikel ilmiah dan lain sebagainya.
Khusus hal ini dapat kita lakukan antisipasi sebagai berikut : cari beberapa artikel yang sama, kemudian lihat, cermati dan bandingkan artikel tersebut. Kalau kebetulan artikel tersebut secara tidak langsung mempunyai kesamaan, lihat tanggal bulan dan tahun artikel tersebut dipublikasikan. Hal ini adalah langkkah untuk sedikit meminimalisir artikel hasil copy paste yang dimaksud.

Tata Cara Penulisan
Tata cara penulisan ini harus kita pelajari untuk mengetahui apakah artikel atau konten ditulis oleh penulis ataukah penulis hanya melakukan copy paste dari artikel lainnya. Penulis yang membuat sendiri artikelnya pasti menggunakan tata cara penulisan yang rapi dan bahkan tata cara penulisannya itu sesuai dengan tata cara dalam menulis artikel untuk karya ilmiah. Berbeda dengan penulis yang hanya sekedar copy paste artikel dari artikel lainnya. Penulis yang melakukan copy paste pasti tidak begitu memperdulikan dan memperhatikan tentang tata cara penulisan, karena yang mereka pikirkan hanyalah isi konten bukan kualitas

Bahasa Yang Digunakan
Kita dapat menilai kualitas dari sebuah artikel yang akan kita jadikan sebagai referensi atau rujukan dalam menulis karya ilmiah dari bahasa yang digunakan dalam artikel atau konten. Janganlah kita mengambil rujukan dari artikel yang memakai bahasa yang tidak resmi, contohnya menggunakan bahasa gaul. Itu tidaklah pantas untuk kita ambil sebagai bahan referensi ataupun rujukan, karena tidak sesuai dengan kaidah bahasa ilmiah.

Website Yang Bisa Dipercaya
Inilah yang paling penting dalam mencari artikel di Internet yang berkualitas sebagai bahan referensi dan rujukan dalam karya ilmiah kita. Kita dapat mengambil referensi dan rujukan melalui sebuah website yang terpercaya. Misalnya, kita sedang mencari bahan rujukan untuk artikel mengenai computer dan smartphone, maka kita dapat mencarinya dari website yang sudah jelas mempunyai kredibilitas baik, misalnya http://chip.co.id/. Jika kita mencari referensi dan rujukan mengenai berita tentang pendidikan, kita dapat mencarinya pada website yang dikelola secara langsung oleh pihak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yaitu http://www.kemdikbud.go.id/. Dan masih banyak lagi yang lainnya. Intinya kita mencari rujukan dari ahlinya.

Pengunjung Dari Website
Jangan sampai kita tergiur dengan jumlah pengunjung website yang mengakibatkan kita percaya untuk menjadikan rujukan dalam artikel ilmiah kita. Sebuah website yang banyak pengunjungnya banyak belum tentu berkualitas artikelnya. Semua penulis dalam Internet ini dapat dengan mudah mencari banyak pengunjung dengan cara dan trik khusus yang bisa dengan mudah mereka lakukan. Disini disarankan kita untuk tetap mencermati dan meneliti isi dari konten yang akan kita jadikan sebagai rujukan.

Mungkin beberapa hal tersebut dapat sedikit membantu mengenai cara mencari artikel di Internet yang layak dan berkualitas untuk dijasikan sebagai bahan referensi dan rujukan karya ilmiah kita. Semoga dengan sedikit uraian tersebut dapat menyadarkan kita bahwa pentingnya kita untuk berhati hati dalam menjadikan artikel dari Internet sebagai bahan referensi dan rujukan. Karena sudah jelas, namanya seorang pembimbing dituntut untuk lebih jeli dan cermat. Dan pastinya mereka para pembimbing tersebut lebih pintar daripada kita. Jika kita mengambil rujukan yang salah pasti akan membuat artikel yang kita tulis disalahkan oleh seorang pembimbing karya tulis. Bahkan bisa juga apabila seorang pembimbing merasa tidak puas maka sangatlah mungkin juga seorang pembimbing akan dengan mudah mencoret artikel yang kita tulis dan sedikitpun tidak menghargai usaha kita dalam menulis sebuah karya ilmiah.

Semoga bermanfaat.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

LJK UAS UKURAN A4 FORMAT MICROSOFT EXCEL

  Bagi yang membutuhkan, LJK UAS UKURAN A4 DALAM FORMAT MICROSOFT EXCEL, silahkan KLIK DISINI . Semoga bermanfaat.

LJK UAS UKURAN FOLIO/F4 PILIHAN GANDA DAN ESSAY FORMAT MICROSOFT EXCEL

Mungkin ada yang membutuhkan, LJK UAS UKURAN FOLIO/F4 PILIHAN GANDA DAN ESSAY DALAM FORMAT MICROSOFT EXCEL , silahkan KLIK DISINI . Semoga bermanfaat.

BERBAGAI MACAM JENIS-JENIS EKSTENSI FILE

Ada banyak file yang terdapat dalam komputer, seperti file system, program, dan dokumen dari beberapa aplikasi. Untuk memudahkan pengenalan file-file tersebut, setiap software memiliki identitas masing-masing untuk pemberian nama file. Identitas ini disebut dengan ekstensi. Setiap file mempunyai akhiran tiga huruf setelah titik atau disebut dengan ekstensi (ekstension). Ekstensi file berfungsi untuk memudahkan user dalam mengindentifikasi filenya. Ekstensi file (file extension) adalah huruf terakhir setelah titik pada nama file dan menunjukan jenis file. Misalkan nama file kamus.doc mempunyai ekstensi file .doc, dan merupakan file dokumen yang dibuat dengan MS Word. Ekstensi file dapat dikatakan sebagai pengenal jenis file. Kita pernah memperhatikan nama-nama file (berkas) yang ada di komputer? Nah, pada nama-nama file (berkas) tersebut banyak akhiran file (berkas) yang mungkin belum kita ketahui artinya. Misalnya saja kita membuat file yang dibuat dengan program aplikasi Micros