Langsung ke konten utama

MENULIS ADALAH SALAH SATU CARA MENINGKATKAN KINERJA OTAK



Menulis memang bukanlah keahlian saya. Tetapi tidak tahu kenapa sekarang menulis sesuatu meskipun hanya melalui sebuah blog seakan menjadi keasyikan tersendiri.

Mungkin banyak diantara para blogger ternama yang menggantungkan kebutuhan hidupnya dengan menulis pada sebuah blog. Karena memang penghasilan seorang blogger sangat menjanjikan. Hal ini sudah dibuktikan oleh para blogger yang telah sukses meraup uang yang terbilang banyak dari hasil menulis pada blog mereka.

Mungkin saya memang belum bisa menghasilkan uang melalui tulisan lewat sebuah blog. Akan tetapi masih banyak manfaat yang bisa kita dapat dari kegiatan menulis pada blog, salah satunya adalah meningkatkan kinerja otak.

Lihat uraian berikut agar lebih jelas.

1. SESEORANG YANG SUKA MENULIS HARUS MEMBACA

Ini jelas. Kareana saya rasa siapapun setuju jika membaca memang bisa meningkatkan kinerja otak. Dengan membaca, kita bisa mendapatkan informasi baru, pengetahuan baru dan ilmu baru yang mungkin belum kita ketahui sebelumnya.

Lalu apa kaitannya dengan menulis pada sebuah blog? Bukankah hanya kegiatan menulis saja?

Tentu sangat berkaitan, karena menulis pada sebuah blog tidak hanya tentang menulis saja. Hal ini sama seperti menulis sebuah buku, meski masih dalam skala kecil. Karena sebelumnya seorang yang menulis pada sebuah blog harus membaca sumber-sumber referensi yang bisa dipercaya, agar tulisan yang diterbitkannya bisa di pertanggung jawabkan.

Sebut saja contohnya sebuah blog tentang Pendidikan. Mereka yang menulis artikel jenis ini harus mendapatkan informasi dari sumber yang bisa dipercaya. Kecuali jika penulis tersebut memang ahli pada bidang ini. Akan tetapi sangat disayangkan, banyak juga penulis blog pada bidang Pendidikan ini yang hanya mementingkan rating blog mereka, tanpa berpikir dengan jernih dan menelaah lebih lanjut isi dari tulisan yang mereka tampilkan pada blog mereka. Sumber yang tidak jelas dan berita tentang isu-isu pendidikan yang belum tentu benar sudah mereka unggah ke blog mereka. Tetapi semua kembali kepada individu masing-masing pembaca blog, mau percaya atau tidak, silahkan.

Yang jelas, membaca adalah hal penting bagi seseorang yang suka menulis.
Dan seperti yang kita ketahui, membaca memang bisa meningkatkan kinerja otak kita.

2. MELAKUKAN SEBUAH RISET ATAU PENELITIAN KECIL

Seseorang yang suka menulis tidak hanya menulis apa yang ada dalam pikirannya atau hanya dari referensi saja, tapi terkadang juga harus melakukan riset atau sebuah penelitian dala skal kecil agar tulisannya bisa dipercaya. Dan yang jelas, ada yang mau membaca.

Sebut saja contohnya pada blog yang menampilkan tips dan trik. Dimana tips dan trik yang mereka bagikan harus benar-benar bekerja dengan baik.
Sehingga sebelum sebuah tips dan trik dibagikan, seorang penulis seyogyanya melakukan sebuah riset terlebih dulu untuk mengetahui cara tersebut bisa bekerja atau tidak.

Riset yang dilakukan bisa berupa pengumpulan data, praktek dan membuat sebuah kesimpulan. Hal ini jelas akan menguras otak seorang penulis, apalagi jika tips tersebut sudah tidak bekerja dengan baik, sehingga mereka harus menemukan tips atau trik lain yang masih bisa digunakan.
Tetapi pada sisi lain, entah di sadari atau tidak, ketika melakukan sebuah riset atau penelitian kecil ini, kemampuan dan kinerja otak kita akan menjadi semakin berkembang.

3. MULAILAH MENULIS

Setelah melakukan riset dan mencari referensi, hal selanjutnya yang harus dilakukan seorang adalah menulis kesimpulan dari riset tersebut dan dituangkan melalui sebuah media, bisa blog, surat kabar, majalah ataupun lainnya.

Agar tulisan yang dihasilkan mampu menarik minat pembaca, di butuhkan keahlian menulis serta menguasai banyak kosakata. Dibutuhkan banyak latihan untuk bisa handal dalam menulis.

Mungkin masih banyak orang yang belum menyadari bahwa kegiatan menulis yang dilakukannya bisa meningkatkan kinerja otak. Tapi itu tidak jadi masalah, karena di sadari atau tidak kinerja otak akan terus berkembang saat mereka meluangkan waktu dengan menulis.

Semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

LJK UAS UKURAN A4 FORMAT MICROSOFT EXCEL

  Bagi yang membutuhkan, LJK UAS UKURAN A4 DALAM FORMAT MICROSOFT EXCEL, silahkan KLIK DISINI . Semoga bermanfaat.

LJK UAS UKURAN FOLIO/F4 PILIHAN GANDA DAN ESSAY FORMAT MICROSOFT EXCEL

Mungkin ada yang membutuhkan, LJK UAS UKURAN FOLIO/F4 PILIHAN GANDA DAN ESSAY DALAM FORMAT MICROSOFT EXCEL , silahkan KLIK DISINI . Semoga bermanfaat.

BERBAGAI MACAM JENIS-JENIS EKSTENSI FILE

Ada banyak file yang terdapat dalam komputer, seperti file system, program, dan dokumen dari beberapa aplikasi. Untuk memudahkan pengenalan file-file tersebut, setiap software memiliki identitas masing-masing untuk pemberian nama file. Identitas ini disebut dengan ekstensi. Setiap file mempunyai akhiran tiga huruf setelah titik atau disebut dengan ekstensi (ekstension). Ekstensi file berfungsi untuk memudahkan user dalam mengindentifikasi filenya. Ekstensi file (file extension) adalah huruf terakhir setelah titik pada nama file dan menunjukan jenis file. Misalkan nama file kamus.doc mempunyai ekstensi file .doc, dan merupakan file dokumen yang dibuat dengan MS Word. Ekstensi file dapat dikatakan sebagai pengenal jenis file. Kita pernah memperhatikan nama-nama file (berkas) yang ada di komputer? Nah, pada nama-nama file (berkas) tersebut banyak akhiran file (berkas) yang mungkin belum kita ketahui artinya. Misalnya saja kita membuat file yang dibuat dengan program aplikasi Micros