Langsung ke konten utama

SEBUAH KISAH PEMBELAJARAN TENTANG KEHIDUPAN "LEGENDA TELUR COLOMBUS"

 

Legenda Telur Columbus saya dengar dari bapak saya beberapa tahun silam. Kisah itu begitu membekas sampai sekarang. Karena memang penuh dengan motivasi dalam hidup ini.

Kurang lebihnya mohon maaf, inti cerita adalah seperti ini.

Sesudah menemukan sebuah benua yang kemudian diberi nama Amerika, Colombus, siang penjelajah Portugis ini kemudian mendapatkan gelar bangsawan di Spanyol. Tepat di hari penganugerahan gelar itu, Colombus mengadakan sebuah jamuan makan dengan mengundang para bangsawan, pemuka adat, tetua dan pemimpin kelompok yang berpengaruh, dimana setiap kursi yang ada di sisi meja perjamuan itu diatur sedemikian rupa berdasarkan gelar kebangsawanan.
Kehadiran Colombus yang berasal dari manusia biasa saja itu jelas merupakan sebuah ancaman dan biang kecemburuan bagi para bangsawan. Bukan hanya satu dua orang, tetapi hampir rata-rata bangsawan dan para pembesar yang diundang sangat cemburu dengan Colombus.
Saat acara digelar, kasak-kusuk pun berhembus.
"Hah, kalau cuma menemukan benua, kenapa juga dikasih gelar," kata seorang bangsawan.
"Benar, sialan juga, kita yang berlalu lalang dari pulau ke pulau dan menaklukan sekian daerah jajahan, mana pula dapat gelar segitu terhormat."
"Cemen! Dasar Cemen! Apa kita nggak merasa diinjak? Kita dapat gelar karena leluhur kita adalah orang yang terhormat! Lha dia?"
Kasak-kusuk itu berhembus demikian kencang mirip sebuah tranding topic antara para Netizen. Tak butuh waktu lama untuk sampai ke telinga Colombus. Orang-orang begitu pesimistik bahwa dengan isu yang demikian kencang, Colombus akan tetap menggelar hajatannya itu. Tetapi rupanya Colombus punya rencana lain.
Hari H tidak berubah, para undangan lebih duluan hadir. Mereka itu, semua saling berkasak kusuk dengan wajah sinis dan pandangan mata yang tajam, menanti, layaknya ingin segera mempermalukan si tuan rumah. Tuan rumah belum juga menampakkan diri. Gremang gremeng mirip obrolan siswa saat ditinggal Guru saat ujian.
Suasana seketika hening, ketika Colombus datang dan duduk di kursi kehormatannya. Mengajak hadirin makan, dengan suasana yang sangat kaku.
"Saudara-saudara,” kata Colombus seusai acara makan. Memecah keheningan.
"Saya punya sebuah sayembara," katanya. "Jika saudara-saudara bisa memecahkan sayembara ini. Maka kursi yang saya duduki ini dan gelar saya ini, akan saya relakan untuk berpindah ke siapapun yang bisa menebaknya."
Para hadirin sontak kaget.
"Hai Colombus, berani benar kamu. Apakah ini sungguh-sungguh? Apakah pertanyaannya itu. Aku harap kamu tidak menelan ludahmu dan tidak mengada-ada."
"Oh tidak," jawab Colombus. "Saya serius"
"Ini, di tangan saya ini ada sebutir telur. Telur ayam. Nah, barangsiapa diantara anda bisa menegakkan telur ini di atas meja yang licin ini, tanpa memeganginya, maka dia berhak atas gelar dan kursi kehormatan ini. Dan sekali lagi….saya serius."
Tak ayal lagi, semua hadirin yang ada di situ secara berurutan mencoba menegakkan telur yang berbentuk oval itu dalam posisi tegak lurus. Tetapi, tidak ada seorangpun dari mereka bisa menegakkannya. Entah berapa jam berlalu, dan satu persatu yang mencoba gagal…dan gagal. Mereka menyerah ….. Colombus pun tersenyum.
"Tuan-tuan dan nyonya. Saya sudah mendengar tentang semua hal tentang kepantasan saya untuk menerima gelar dari Raja. Saya tahu semua dari anda meragukan temuan saya sebagai modal untuk meraih gelar. Anda anggap bahwa hal itu adalah hal yang terlalu remeh temeh, sederhana, dan tidak layak untuk mendapatkan gelar. Tetapi hari ini saya berharap bahwa anda semua mendapat pelajaran akan satu hal."
"Awalnya, ada hal-hal yang sulit dilakukan kebanyakan orang. Tetapi yang sulit itu menjadi mudah ketika anda mendapatkan pengetahuan dari orang lain tentang pemecahannya. Celakanya, Anda tidak pernah menghargai siapapun yang bekerja keras untuk membuat hal yang sulit tadi menjadi sederhana."
"Sudah, jangan banyak omong Colombus”, salah seorang bangsawan mulai gerah. ”Memangnya kamu bisa menegakkan telur itu di atas meja? Atau..kamu cuma mengada-ada?"
Colombus tersenyum. Dipukulkannya sedikit ujung telur itu ke permukaan meja sehingga retak dan permukaanya jadi agak datar. Saat itu juga telur itu bisa berdiri tegak lurus di atas meja.
"Ah,"ujar si bangsawan. "Kalau cuma gitu sih aku juga bisa!"
"Ya…" kata Columbus mencoba bijak" dan setiap orang di ruangan ini pun bisa melakukannya. Anak kecil bisa melakukannya, bahkan monyet pun bisa melakukannya. Tetapi tentu saja sesudah saya melakukannya. Bagaimana dengan tadi? Apakah anda melakukannya? Mengapa anda tidak melakukannya?"
Itulah kisah yang sangat terkenal. Banyak kisah dimana orang terlalu meremehkan usaha kita, ketika meniti sukses demi sukses seolah-olah hanyalah keberuntungan semata ataupun sesuatu yang serba kebetulan tanpa melihat betapa kita bekerja keras demi kesuksesan itu. Atau terkadang kita juga dilanda iri dan dengki karena orang lain seolah mendapatkan keberuntungan, jabatan, harta, tahta dan kebahagiaan yang seolah-olah datang dengan tiba-tiba, tanpa kita tahu betapa dia memang layak untuk memperoleh itu. Nah, disaat hal-hal itu terjadi, ingatlah akan kisah ini. Semoga jiwa kita menjadi jiwa yang tenang.

Semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

LJK UAS UKURAN A4 FORMAT MICROSOFT EXCEL

  Bagi yang membutuhkan, LJK UAS UKURAN A4 DALAM FORMAT MICROSOFT EXCEL, silahkan KLIK DISINI . Semoga bermanfaat.

LJK UAS UKURAN FOLIO/F4 PILIHAN GANDA DAN ESSAY FORMAT MICROSOFT EXCEL

Mungkin ada yang membutuhkan, LJK UAS UKURAN FOLIO/F4 PILIHAN GANDA DAN ESSAY DALAM FORMAT MICROSOFT EXCEL , silahkan KLIK DISINI . Semoga bermanfaat.

BERBAGAI MACAM JENIS-JENIS EKSTENSI FILE

Ada banyak file yang terdapat dalam komputer, seperti file system, program, dan dokumen dari beberapa aplikasi. Untuk memudahkan pengenalan file-file tersebut, setiap software memiliki identitas masing-masing untuk pemberian nama file. Identitas ini disebut dengan ekstensi. Setiap file mempunyai akhiran tiga huruf setelah titik atau disebut dengan ekstensi (ekstension). Ekstensi file berfungsi untuk memudahkan user dalam mengindentifikasi filenya. Ekstensi file (file extension) adalah huruf terakhir setelah titik pada nama file dan menunjukan jenis file. Misalkan nama file kamus.doc mempunyai ekstensi file .doc, dan merupakan file dokumen yang dibuat dengan MS Word. Ekstensi file dapat dikatakan sebagai pengenal jenis file. Kita pernah memperhatikan nama-nama file (berkas) yang ada di komputer? Nah, pada nama-nama file (berkas) tersebut banyak akhiran file (berkas) yang mungkin belum kita ketahui artinya. Misalnya saja kita membuat file yang dibuat dengan program aplikasi Micros