Langsung ke konten utama

METODE EFEKTIF KETIKA MEMBACA ARTIKEL DI INTERNET


Pada saat kita sedang membaca sesuatu di sebuah blog atau website di Internet, pada saat itulah sedang terjadi proses transfer ilmu, akan tetapi transfer ilmu itu akan gagal apabila kita tidak mengetahui caranya.

Apabila 20 kali kita membaca dalam sehari, berarti dalam 20 kali juga kita menyerap ilmu. Jika kita tidak bisa memanfaatkan moment penting itu untuk menambah ilmu, berarti kita telah kehilangan 20 kesempatan yang sia-sia.

Berikut ini ada beberapa trik sederhana yang bisa kita terapkan ketika kita sedang membaca sesuatu di Internet. Namun teknik ini juga bisa diterapkan pada bacaan lainnya, misalnya membaca buku, koran dan sebagainya.

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Membaca secara berurutan

Mulailah membaca artikel dari awal sampai akhir secara berurutan, karena membaca dalam rangka menyerap ilmu bisa dilakukan dengan beberapa cara, antara lain:
  • membaca secara cepat (metode spead reading)
  • membaca dengan seksama (metode intensif)
  • membaca sekilas (metode skimming)
  • membaca secara berulang-ulang (metode repeated reading)
  • membaca secara memindai (metode scanning)
Dari sekian cara anda membaca tersebut, maka mulailah membaca dari bagian awal sampai akhir hingga selesai.

2. Mengambil kesimpulan

Setelah kita membaca, tanyakan pada diri kita sendiri satu hal, manfaat apa yang bisa kita ambil dari bacaan tersebut? Maka kita akan menemukan suatu kesimpulan yang nantinya akan bermanfaat bagi kita suatu saat nanti.

Sekarang pertanyaannya adalah, Apakah selama ini setiap kali membaca kita bisa mengambil sebuah kesimpulan?

Jika jawabannya "IYA", berarti aktivitas kita membaca selama ini telah memberikan sebuah manfaat.
Tapi jika jawabannya “TIDAK”, berarti kita hanya membaca saja tetapi tidak mendapatkan manfaat apa-apa.

Maka mulailah dari sekarang setiap kali kita selesai membaca, tanyakan pada diri kita sendiri, manfaat apa yang bisa kita ambil dari isi bacaan tersebut?

Semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

LJK UAS UKURAN A4 FORMAT MICROSOFT EXCEL

  Bagi yang membutuhkan, LJK UAS UKURAN A4 DALAM FORMAT MICROSOFT EXCEL, silahkan KLIK DISINI . Semoga bermanfaat.

LJK UAS UKURAN FOLIO/F4 PILIHAN GANDA DAN ESSAY FORMAT MICROSOFT EXCEL

Mungkin ada yang membutuhkan, LJK UAS UKURAN FOLIO/F4 PILIHAN GANDA DAN ESSAY DALAM FORMAT MICROSOFT EXCEL , silahkan KLIK DISINI . Semoga bermanfaat.

BERBAGAI MACAM JENIS-JENIS EKSTENSI FILE

Ada banyak file yang terdapat dalam komputer, seperti file system, program, dan dokumen dari beberapa aplikasi. Untuk memudahkan pengenalan file-file tersebut, setiap software memiliki identitas masing-masing untuk pemberian nama file. Identitas ini disebut dengan ekstensi. Setiap file mempunyai akhiran tiga huruf setelah titik atau disebut dengan ekstensi (ekstension). Ekstensi file berfungsi untuk memudahkan user dalam mengindentifikasi filenya. Ekstensi file (file extension) adalah huruf terakhir setelah titik pada nama file dan menunjukan jenis file. Misalkan nama file kamus.doc mempunyai ekstensi file .doc, dan merupakan file dokumen yang dibuat dengan MS Word. Ekstensi file dapat dikatakan sebagai pengenal jenis file. Kita pernah memperhatikan nama-nama file (berkas) yang ada di komputer? Nah, pada nama-nama file (berkas) tersebut banyak akhiran file (berkas) yang mungkin belum kita ketahui artinya. Misalnya saja kita membuat file yang dibuat dengan program aplikasi Micros