Langsung ke konten utama

MENGGANTI TINGKAT KETAJAMAN LAYAR DAN RESOLUSI PADA NETBOOK

Menggunakan Netbook tentu saja enak, bentuknya yang ringkas, ringan dan kecil, mudah dibawa serta baterai yang tahan lama.

Tetapi namanya juga benda yang mini, tentu saja memiliki lumayan banyak kekurangan. Selain karena Prosesor yang namanya mirip seperti kacang (ATOM) hehehe, juga tingkat ketajaman layar atau resolusi yang kecil. Kebanyakan Netbook yang ada dipasaran berukuran 10 inchi dan hanya memiliki resolusi layar sebesar 1024 x 600 pixel.

Terasa begitu minimalis dan sempit untuk bekerja. Dan susahnya lagi adalah ketika akan membuka software aplikasi yang hanya bisa dijalankan pada layar dengan resolusi minimal 1024 x 768 pixel.

Kenapa resolusi atau tingkat ketajaman layar harus diubah? Mungkin bagi yang jarang menggunakan Netbook untuk kegiatan macam-macam atau singkatnya hanya digunakan untuk mengetik saja, maka resolusi layar 1024 x 600 sudahlah cukup. Tapi bagi beberapa orang yang mengandalkan Netbooknya untuk bekerja agak keras maka akan sering dijumpai banyak masalah dengan resolusi yang sangat minimalis tersebut. Ada beberapa alasan kenapa harus mengubah resolusi monitor pada Netbook:

  • Ada sedikit masalah ketika menggunakan software grafis, baik grafis bitmap dan grafis vektor, seperti Adobe Potoshop ataupun CorelDRAW, karena membutuhkan tingkat resolusi yang lebih tinggi.
  • Ada beberapa game yang tidak dapat berjalan jika menggunakan resolusi standar Netbook karena butuh resolusi yang lebih tinggi.
  • Ada sedikit masalah ketika digunakan untuk melakukan presentasi menggunakan LCD Projector.
Tetapi bagi yang mempunyai Netbook dan ingin agar Netbooknya dapat berfungsi lebih maksimal dengan meningkatkan resolusinya, ada cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut, yaitu merubah resolusi Netbook menjadi 1024 x 768. Dan tidak memerlukan software tambahan lagi.

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
  • Buka registry editor (REGEDIT) dengan cara klik tombol Start - tombol WIndows + R (akan memunculkan kotak dialog Run), ketikkan regedit/REGEDIT atau klik Start - pada Search programs and files ketikkan REGEDIT 
  • Kemudian carilah HKEY_LOCAL_MACHINE / SYSTEM / Current Control Set / Control / Class / {4D36E968-E325-11CE-BFC1-08002BE10318} / 0000
  • Setelah ketemu kemudian cari "Display1_DownScalingSupported", ubah nilainya dari 0 menjadi 1, kemudian klik OK
  • Lanjut lagi, cari dibawah yang sebelumnya HKEY_LOCAL_MACHINE / SYSTEM / CurrentControlSet / Control / Class / {4D36E968-E325-11CE-BFC1-08002BE10318} / 0001
  • Setelah ketemu kemudian cari lagi "Display1_DownScalingSupported", ubah nilainya dari 0 menjadi 1, kemudian klik OK
PERHATIAN: Apabila DWORD tidak ditemukan, maka bisa dibuat sendiri dengan cara klik kanan - pilih DWORD (32-bit) Value dan simpan dengan nama “Display1_DownScalingSupported” (tanpa tanda petik) dan value datanya diganti jadi 1


Setelah semua selesai tutup REGEDIT kemudian Restart Netbook, semoga berhasil. 

Berikut ini contoh tampilan pada Netbook ketika menggunakan resolusi yang berbeda.
 

Tampilan CorelDRAW X3 dengan resolusi 1024 x 600

 Tampilan CorelDRAW X3 dengan resolusi 1024 x768

 Tampilan Adobe Photoshop CS3 dengan resolusi 1024 x 600

 Tampilan Adobe Photoshop CS3 dengan resolusi 1024 x768

Semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

LJK UAS UKURAN A4 FORMAT MICROSOFT EXCEL

  Bagi yang membutuhkan, LJK UAS UKURAN A4 DALAM FORMAT MICROSOFT EXCEL, silahkan KLIK DISINI . Semoga bermanfaat.

LJK UAS UKURAN FOLIO/F4 PILIHAN GANDA DAN ESSAY FORMAT MICROSOFT EXCEL

Mungkin ada yang membutuhkan, LJK UAS UKURAN FOLIO/F4 PILIHAN GANDA DAN ESSAY DALAM FORMAT MICROSOFT EXCEL , silahkan KLIK DISINI . Semoga bermanfaat.

BERBAGAI MACAM JENIS-JENIS EKSTENSI FILE

Ada banyak file yang terdapat dalam komputer, seperti file system, program, dan dokumen dari beberapa aplikasi. Untuk memudahkan pengenalan file-file tersebut, setiap software memiliki identitas masing-masing untuk pemberian nama file. Identitas ini disebut dengan ekstensi. Setiap file mempunyai akhiran tiga huruf setelah titik atau disebut dengan ekstensi (ekstension). Ekstensi file berfungsi untuk memudahkan user dalam mengindentifikasi filenya. Ekstensi file (file extension) adalah huruf terakhir setelah titik pada nama file dan menunjukan jenis file. Misalkan nama file kamus.doc mempunyai ekstensi file .doc, dan merupakan file dokumen yang dibuat dengan MS Word. Ekstensi file dapat dikatakan sebagai pengenal jenis file. Kita pernah memperhatikan nama-nama file (berkas) yang ada di komputer? Nah, pada nama-nama file (berkas) tersebut banyak akhiran file (berkas) yang mungkin belum kita ketahui artinya. Misalnya saja kita membuat file yang dibuat dengan program aplikasi Micros