Langsung ke konten utama

JANGAN HANYA SEKEDAR DENGAN COPY PASTE


Copy Paste atau lebih tenar dengan sebutan COPAS sudah dianggap hal yang biasa bagi sebagian besar masyarakat kita sekarang ini. Kecanggihan teknologilah yang mendukung akan hal ini. Karena terus terang kita sudah dimanjakan dengan sebuah peradaban instan yang sangat canggih. Meskipun terkadang Copy Paste masih kadang dianggap hal tabu oleh sebagian orang, pada kenyataannya hal itu tidak banyak berpengaruh. 
Dan bahkan saya sendiripun terkadang masih melakukan hal itu. Jujur, bukan bermaksud mendompleng ketenaran orang lain akan akan hasil karyanya, tetapi berusaha untuk membuat sebuah konten yang tidak kalah unik dengan cara kita sendiri. Dan hal ini merupakan salah satu cara untuk membagikan dan memberikan ilmu dengan cara yang lain.
Saya masih ingat dengan sebuah perkataan sewaktu masih menempuh bangku kuliah dulu, "jangan hanya modal CP (Copy Paste) tapi lakukan CPM (Copy Paste Modify)".
Dimanakah letak perbedaannya, antara Copy Paste dan Copy Paste Modify?
  1. Bacalah dan pahami apa yang akan kita copy paste sebagai sumber ide. Dengan membaca berarti kita juga sudah belajar. Kita bisa membedakan mana yang baik dan buruk, mana yang akan dijadikan topik atau bukan.
  2. Buat sebuah kesimpulan dari yang sedang kita pelajari. Dengan melakukan hal ini berarti kita bisa menentukan langkah selanjutnya. Apa yang akan ditulis ataupun apa yang akan dilakukan, bukan dengan copy paste saja.
  3. Buatlah menjadi berbeda sesuai dengan cara kita sendiri. Inilah yang akan membuat sesuatunya menjadi berbeda. Jangan berbangga hanya dengan langkah, blok - Ctrl+C dan Ctrl+V. Buatlah sehingga hal ini bisa mencirikan kita yang sebenarnya. 
Lakukan sebuah modifikasi dan improvisasi dari setiap konten hasil copi paste dengan melakukan sebuah perubahan, pengurangan bahkan penambahan materi konten tersebut agar terlihat bisa lebih berguna dari aslinya. Karena kalau hanya copy dan paste, semua orang juga bisa melakukannya. Lakukan, dan kita harus bisa. Jangan hanya bangga dengan hasil karya orang lain, buatlah karya versi kita sendiri.

Semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

LJK UAS UKURAN A4 FORMAT MICROSOFT EXCEL

  Bagi yang membutuhkan, LJK UAS UKURAN A4 DALAM FORMAT MICROSOFT EXCEL, silahkan KLIK DISINI . Semoga bermanfaat.

LJK UAS UKURAN FOLIO/F4 PILIHAN GANDA DAN ESSAY FORMAT MICROSOFT EXCEL

Mungkin ada yang membutuhkan, LJK UAS UKURAN FOLIO/F4 PILIHAN GANDA DAN ESSAY DALAM FORMAT MICROSOFT EXCEL , silahkan KLIK DISINI . Semoga bermanfaat.

BERBAGAI MACAM JENIS-JENIS EKSTENSI FILE

Ada banyak file yang terdapat dalam komputer, seperti file system, program, dan dokumen dari beberapa aplikasi. Untuk memudahkan pengenalan file-file tersebut, setiap software memiliki identitas masing-masing untuk pemberian nama file. Identitas ini disebut dengan ekstensi. Setiap file mempunyai akhiran tiga huruf setelah titik atau disebut dengan ekstensi (ekstension). Ekstensi file berfungsi untuk memudahkan user dalam mengindentifikasi filenya. Ekstensi file (file extension) adalah huruf terakhir setelah titik pada nama file dan menunjukan jenis file. Misalkan nama file kamus.doc mempunyai ekstensi file .doc, dan merupakan file dokumen yang dibuat dengan MS Word. Ekstensi file dapat dikatakan sebagai pengenal jenis file. Kita pernah memperhatikan nama-nama file (berkas) yang ada di komputer? Nah, pada nama-nama file (berkas) tersebut banyak akhiran file (berkas) yang mungkin belum kita ketahui artinya. Misalnya saja kita membuat file yang dibuat dengan program aplikasi Micros