Langsung ke konten utama

MENUNTUN ANAK MELALUI PERASAAN

Setiap anak belajar dengan cara yang berbeda. Anak-anak harus diberikan kesempatan yang cukup untuk merangsang indera mereka, untuk mendorong pertumbuhan dan perkembangan. Beberapa anak dapat belajar sambil diam-diam bermain. Sementara beberapa bahkan dapat belajar dengan mencoret-coret dan lukisan tangan yang bisa membantu memori mereka, dan ada pula beberapa yang dapat belajar hanya dengan mendengarkan.

Anak-anak adalah peniru besar. Jadi berilah mereka sesuatu yang besar untuk ditiru.

Belajar dengan melihat :
Anak-anak belajar banyak dengan mengamati dan meniru orang tua mereka, saudara dan guru. Terlibat dalam kegiatan dengan anak akan menyinggung rasa ingin tahu mereka, dan itu akan merangsang anak lain datang dan melakukan hal yang sama.

Belajar melalui pendengaran :
Dorong anak untuk belajar mendengarkan dengan sabar. Permainan atau kegiatan lain untuk membuat anak-anak fokus pada suara di sekitarnya akan membantu mempertajam keterampilan mendengarkan mereka. Ini akan membantu mereka memperhatikan dan memahami hal-hal yang lebih baik.

Belajar melalui sentuhan :
Anak-anak belajar dengan melakukan. Yang memungkinkan mereka untuk memanipulasi materi di sekitar mereka, membantu mereka belajar lebih baik, mendapatkan rasa yang baik dari koordinasi mata-tangan dan mengekspresikan emosi melalui tubuh.

Anak-anak harus diberi kebebasan belajar dengan cara mereka ingin belajar, karena setiap anak memiliki kemampuan belajar yang berbeda. Sebagai orang tua dan guru kita perlu memahami cara yang anak belajar yang terbaik.

'Jika seorang anak tidak bisa belajar dalam cara kita mengajar, kita harus mengajar dengan cara anak bisa belajar."

Komentar

Postingan populer dari blog ini

LJK UAS UKURAN A4 FORMAT MICROSOFT EXCEL

  Bagi yang membutuhkan, LJK UAS UKURAN A4 DALAM FORMAT MICROSOFT EXCEL, silahkan KLIK DISINI . Semoga bermanfaat.

LJK UAS UKURAN FOLIO/F4 PILIHAN GANDA DAN ESSAY FORMAT MICROSOFT EXCEL

Mungkin ada yang membutuhkan, LJK UAS UKURAN FOLIO/F4 PILIHAN GANDA DAN ESSAY DALAM FORMAT MICROSOFT EXCEL , silahkan KLIK DISINI . Semoga bermanfaat.

BERBAGAI MACAM JENIS-JENIS EKSTENSI FILE

Ada banyak file yang terdapat dalam komputer, seperti file system, program, dan dokumen dari beberapa aplikasi. Untuk memudahkan pengenalan file-file tersebut, setiap software memiliki identitas masing-masing untuk pemberian nama file. Identitas ini disebut dengan ekstensi. Setiap file mempunyai akhiran tiga huruf setelah titik atau disebut dengan ekstensi (ekstension). Ekstensi file berfungsi untuk memudahkan user dalam mengindentifikasi filenya. Ekstensi file (file extension) adalah huruf terakhir setelah titik pada nama file dan menunjukan jenis file. Misalkan nama file kamus.doc mempunyai ekstensi file .doc, dan merupakan file dokumen yang dibuat dengan MS Word. Ekstensi file dapat dikatakan sebagai pengenal jenis file. Kita pernah memperhatikan nama-nama file (berkas) yang ada di komputer? Nah, pada nama-nama file (berkas) tersebut banyak akhiran file (berkas) yang mungkin belum kita ketahui artinya. Misalnya saja kita membuat file yang dibuat dengan program aplikasi Micros