Langsung ke konten utama

BER-ETIKA DAN BER-ETIKET DALAM KOMUNITAS/GRUP DUNIA MAYA

Menurut (Kamus Besar Bahasa Indonesia, 1989), Etika adalah ilmu tentang apa yang baik dan apa yang buruk dan tentang hak dan kewajiban moral (akhlaq), atau kumpulan asas atau nilai yang berkenaan dengan akhlaq, nilai mengenai nilai benar dan salah, yang dianut suatu golongan atau masyarakat.

Menurut (Suseno, 1987), Etika adalah suatu ilmu yang membahas tentang bagaimana dan mengapa kita mengikuti suatu ajaran moral tertentu atau bagaimana kita harus mengambil sikap yang bertanggung jawab berhadapan dengan pelbagai ajaran moral.

Dalam perkataan sehari-hari kata etika dan etiket sering dicampuradukkan, padahal kedua istilah tersebut memiliki arti yang berbeda, walaupun ada persamaannya. Istilah etika adalah berkaitan dengan moral (mores/adat istiadat). Sedangkan etiket adalah berkaitan dengan nilai sopan santun, tata krama dalam pergaulan formal. Persamaan keduanya adalah mengenai perilaku manusia. Baik etika maupun etiket yaitu mengatur perilaku manusia secara normatif, artinya memberi norma manusia bagaimana seharusnya berbuat dan tidak berbuat. Pendapat lain juga mengatakan bahwa etiket adalah tata aturan sopan santun yang disetujui oleh masyarakat tertentu dan menjadi norma serta panutan dalam bertingkah laku sebagai anggota masyarakat yang baik dan menyenangkan.

Berdasarkan hal hal tersebut, karena dewasa ini situs web dunia maya yang menyediakan layanan jejaring sosial (misalnya FACEBOOK, WHATSAPP, LINE, BBM dan sebagainya) sudah semakin menjamur dan benar-benar menjadi sebuah kebutuhan dengan salah satu fasilitasnya yaitu kita bisa membuat sebuah GRUP/KOMUNITAS, maka tidak ada salahnya kalau kita mencoba belajar memahami etika dan etiket dalam sebuah grup atau komunitas. Beberapa hal beikut ini mungkin dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan :
  1. Bacalah RULE atau ketentuan dari grup/komunitas tersebut terlebih dahulu. Sebelum kita mengikuti sebuah grup/komunitas, ada baiknya jika kita sempatkan membaca aturan main yang sudah ditetapkan oleh pihak admin.
  2. Admin juga manusia :). Tidak mungkin mengawasi 1 per 1 setiap saat, karena bagaimanapun juga kita punya sebuah keterbatasan, baik itu akal, pemikiran dan ilmu.
  3. Jika anda menjadi seorang admin dalam sebuah grup/komunitas, jangan semena-mena dan mentang-mentang main KICK atau BANNED. Memang itu adalah hak anda sebagai seorang admin, berpikirlah terlebih dahulu, karena masing-masing individu tidak sama, baik dalam daya tangkap pikiran atau memahami orang lain dalam sebuah posting. Sebuah perselisihan atau adu argumentasi itu wajar karena kita semua berbeda.
  4. Hargailah setiap pendapat orang lain. Apapun bentuknya, setiap posting ataupun komentar dari orang lain harus ditanggapi dengan sopan meski hanya sebatas dunia maya (karena tidak sedikit pertemanan dunia maya juga bisa menjadi sebuah kenyataan dalam dunia nyata).
  5. Jangan pernah melakukan tindakan bullying (mem-bully/perlakuan kasar atau kejam pada seseorang atau kelompok dengan tujuan untuk menyakiti perasaan ataupun fisik) karena sebuah posting atau pertanyaan yang dianggap bodoh atau konyol. Maaf, ada beberapa pendapat yang menyatakan kalau orang yang hobinya mem-bully itu ilmunya masih cetek (dalam bahasa Jawa cetek = dangkal).
  6. Kalau ada sebuah posting yang agak menyimpang, cukup dengan kita mengingatkan, atau silahkan dilaporkan pihak admin. 
  7. Jangan sampai kita merasa sok pintar. Ingat pepatah, diatas langit masih ada langit.
  8. Kalau ada yang sampai di-KICK atau di-BANNED dari sebuah grup/komunitas, cobalah untuk introspeksi diri.
  9. Cobalah untuk menyimak saja jika misalnya kita tidak suka dengan seseorang di sebuah grup/komunitas yang mungkin saat itu sedang memposting sesuatu. Diam adalah emas, tidak usah dengan menyindir, cukup diam dan melihat sampai dimana seseorang tersebut menyelesaikan postingannya.
  10. Silahkan berikan jawaban semampunya jika ada sebuah posting tentang sesuatu, bukan malah menjerumuskan atau memberikan sebuah komentar ngawur yang bisa menjadi sebuah konflik baru.
  11. Apabila terpaksa melakukan sebuah komentar dengan gambar, cobalah untuk memberikan sebuah gambar yang tidak mengandung unsur SARA, pornografi ataupun jenis lain yang memicu konflik.
  12. Terakhir, jangan lupa untuk mengucapkan paling tidak TERIMA KASIH atas apresiasi yang sudah dilakukan oleh anggota grup lainnya. Mungkin masalah kita terbantu ataupun hal lainnya.


Tidak ada manusia yang sempurna, karena kesempurnaan hanyalah milik Allah SWT.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

LJK UAS UKURAN A4 FORMAT MICROSOFT EXCEL

  Bagi yang membutuhkan, LJK UAS UKURAN A4 DALAM FORMAT MICROSOFT EXCEL, silahkan KLIK DISINI . Semoga bermanfaat.

LJK UAS UKURAN FOLIO/F4 PILIHAN GANDA DAN ESSAY FORMAT MICROSOFT EXCEL

Mungkin ada yang membutuhkan, LJK UAS UKURAN FOLIO/F4 PILIHAN GANDA DAN ESSAY DALAM FORMAT MICROSOFT EXCEL , silahkan KLIK DISINI . Semoga bermanfaat.

BERBAGAI MACAM JENIS-JENIS EKSTENSI FILE

Ada banyak file yang terdapat dalam komputer, seperti file system, program, dan dokumen dari beberapa aplikasi. Untuk memudahkan pengenalan file-file tersebut, setiap software memiliki identitas masing-masing untuk pemberian nama file. Identitas ini disebut dengan ekstensi. Setiap file mempunyai akhiran tiga huruf setelah titik atau disebut dengan ekstensi (ekstension). Ekstensi file berfungsi untuk memudahkan user dalam mengindentifikasi filenya. Ekstensi file (file extension) adalah huruf terakhir setelah titik pada nama file dan menunjukan jenis file. Misalkan nama file kamus.doc mempunyai ekstensi file .doc, dan merupakan file dokumen yang dibuat dengan MS Word. Ekstensi file dapat dikatakan sebagai pengenal jenis file. Kita pernah memperhatikan nama-nama file (berkas) yang ada di komputer? Nah, pada nama-nama file (berkas) tersebut banyak akhiran file (berkas) yang mungkin belum kita ketahui artinya. Misalnya saja kita membuat file yang dibuat dengan program aplikasi Micros