Langsung ke konten utama

UKURAN SATUAN DATA

Istilah-istilah ini biasanya digunakan dalam dunia komputerisasi untuk menggambarkan ruang harsdisk atau ruang penyimpanan data dan sistem memori. Sebagai contoh, hanya beberapa tahun yang lalu kita menggunakan ruang hardisk menggunakan istilah Megabyte. Saat ini, Gigabyte adalah istilah yang paling umum digunakan untuk menggambarkan ukuran hardisk. Dalam waktu yang tidak begitu jauh, Terabyte akan menjadi istilah umum. Tapi apa sih sebenarnya mereka mereka itu?
Menurut Kamus komputasi IBM, ketika digunakan untuk menggambarkan kapasitas penyimpanan disk, satu megabyte adalah 1.000.000 byte dalam notasi desimal. Tetapi ketika megabyte istilah digunakan untuk penyimpanan nyata dan virtual dan volume saluran, 2 pangkat 20 atau 1.048.576 byte adalah notasi yang sesuai.
Menurut Microsoft Press Computer Dictionary, satu megabyte berarti 1.000.000 byte atau 1.048.576 byte.
Menurut Eric S. Raymond di The New Hacker's Dictionary, megabyte selalu 1.048.576 byte pada argumen bahwa byte alami harus dihitung dalam kekuasaan dua. Jadi yang definisi mana yang kebanyakan sesuai dengan pemahaman orang?
Ketika mengacu pada megabyte untuk penyimpanan disk, produsen hardisk menggunakan standar yang megabyte adalah 1.000.000 byte. Ini berarti bahwa ketika kita membeli 80 Gigabyte hardisk maka kita akan mendapatkan total 80000000000 bytes penyimpanan yang tersedia. Ini adalah sebuah kondisi yang dapat membingungkan, karena Windows menggunakan aturan 1.048.576 byte sehingga ketika kita melihat properti Windows drive, drive 80 Gigabyte akan melaporkan kapasitas 74,56 Gigabytes dan 250 Gigabyte drive hanya akan menghasilkan 232 Gigabytes ruang penyimpanan yang tersedia. Dengan tiga definisi yang ada, akan selalu ada kebingungan jadi saya akan mencoba menyederhanakan definisi sedikit.
1000 bisa diganti dengan 1024 dan masih benar menggunakan standar lain yang diterima. Kedua standar tersebut benar tergantung pada jenis penyimpanan yang dimaksud.

1 Bit = Binary Digit
8 Bits = 1 Byte
1024 Bytes = 1 Kilobyte
1024 Kilobyte = 1 Megabyte
1024 Megabytes = 1 Gigabyte
1024 Gigabytes = 1 Terabyte
1024 terabyte = 1 petabyte
1024 petabyte = 1 Exabyte
1024 exabyte = 1 Zettabyte
1024 zettabyte = 1 Yottabyte
1024 Yottabytes = 1 Brontobyte
1024 Brontobytes = 1 Geopbyte

Hal ini didasarkan pada Kamus komputasi IBM yang merupakan metode untuk menggambarkan penyimpanan disk yang paling sederhana.
Sekarang mari lebih kita rinci penjelasan tersebut.

Bit: Bit adalah unit terkecil dari data yang menggunakan komputer. Hal ini dapat digunakan untuk mewakili dua negara bagian informasi, seperti Ya atau Tidak.

Byte: Satu Byte adalah sama dengan 8 Bits. Sebuah Byte bisa mewakili 256 negara bagian informasi, misalnya, angka atau kombinasi angka dan huruf. 1 Byte bisa sama dengan satu karakter. 10 Bytes bisa jadi setara dengan sebuah kata. 100 Bytes akan sama dengan kalimat rata-rata.

Kilobyte: Satu Kilobyte adalah sekitar 1.000 Bytes, sebenarnya 1.024 Byte tergantung pada definisi yang digunakan. 

Megabyte: Satu Megabyte adalah sekitar 1.000 Kilobyte. Pada awal komputasi, satu Megabyte dianggap sejumlah besar data. Pada saat ini hard drive 500 Gigabyte pada komputer yang umum, satu Megabyte tidak tampak seperti banyak lagi. Salah satu 3-1/2 inch floppy disk tua dapat menahan 1,44 Megabyte atau setara dengan sebuah buku kecil. 100 Megabyte mungkin terus beberapa jilid dari Ensiklopedia. 600 Megabyte adalah tentang jumlah data yang akan muat di disk CD-ROM.

Gigabyte: Satu Gigabyte adalah sekitar 1.000 Megabyte. Satu Gigabyte masih merupakan istilah yang sangat umum digunakan pada saat ini ketika mengacu pada ruang disk atau penyimpanan drive. 1 Gigabyte data hampir dua kali lipat jumlah data yang CD-ROM bisa terus. Tapi itu sekitar seribu kali kapasitas floppy disk 3-1/2. 1 Gigabyte bisa menampung isi dari sekitar 10 meter dari buku-buku di rak. 100 Gigabytes bisa terus lantai perpustakaan seluruh jurnal akademik.

Terabyte: Satu Terabyte adalah sekitar satu triliun byte, atau 1.000 Gigabytes. Ada waktu itu saya tidak pernah berpikir saya akan melihat 1 Terabyte hard drive, sekarang satu dan dua drive terabyte adalah spesifikasi normal untuk komputer baru. Untuk meletakkannya dalam perspektif tertentu, satu Terabyte bisa menampung sekitar 3,6 juta 300 gambar Kilobyte atau mungkin sekitar 300 jam video berkualitas baik. Satu Terabyte bisa menampung 1.000 salinan Encyclopedia Britannica. Sepuluh terabyte bisa terus dicetak koleksi Perpustakaan Kongres. Itu adalah jumlah data yang banyak.

Petabyte: Satu petabyte adalah sekitar 1.000 terabyte atau satu juta Gigabytes. Sulit untuk membayangkan apa yang petabyte. 1 petabyte bisa memiliki kurang lebih 20 juta lemari arsip 4-pintu penuh teks. Hal ini bisa diibaratkan 500 miliar halaman teks cetak standar. Ini akan memakan waktu sekitar 500 juta disket untuk menyimpan jumlah data yang sama.

Exabyte: Satu Exabyte adalah sekitar 1.000 petabyte. Cara lain untuk melihatnya adalah bahwa Exabyte kira-kira satu byte triliun atau satu miliar Gigabytes. Tidak banyak cara untuk membandingkan Exabyte. Telah dikatakan bahwa 5 exabyte akan sama dengan semua kata yang pernah diucapkan oleh umat manusia.

Zettabyte: Satu Zettabyte adalah sekitar 1.000 exabyte. Tidak ada ukuran untuk membandingkan Zettabyte tetapi untuk mengatakan bahwa itu akan mengambil seluruh banyak satu dan nol untuk mengisi itu.

Yottabyte: Satu Yottabyte adalah sekitar 1.000 zettabyte. Ini akan memerlukan waktu sekitar 11 triliun tahun untuk men-download file Yottabyte dari Internet menggunakan broadband daya tinggi. Kita dapat membandingkannya ke World Wide Web sebagai seluruh Internet hampir mengambil tentang Yottabyte.

Brontobyte: Satu Brontobyte adalah (coba tebak) sekitar 1.000 Yottabytes. Satu-satunya yang ada untuk mengatakan tentang Brontobyte adalah bahwa itu adalah 1 diikuti dengan 27 nol!

Geopbyte: Satu Geopbyte adalah sekitar 1000 Brontobytes! Tidak yakin mengapa istilah ini diciptakan. Saya meragukan bahwa orang hidup hari ini akan pernah melihat drive Geopbyte keras. Salah satu cara melihat geopbyte adalah 15267 6504600 2283229 4012496 7031205 376 byte!

Semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

LJK UAS UKURAN A4 FORMAT MICROSOFT EXCEL

  Bagi yang membutuhkan, LJK UAS UKURAN A4 DALAM FORMAT MICROSOFT EXCEL, silahkan KLIK DISINI . Semoga bermanfaat.

LJK UAS UKURAN FOLIO/F4 PILIHAN GANDA DAN ESSAY FORMAT MICROSOFT EXCEL

Mungkin ada yang membutuhkan, LJK UAS UKURAN FOLIO/F4 PILIHAN GANDA DAN ESSAY DALAM FORMAT MICROSOFT EXCEL , silahkan KLIK DISINI . Semoga bermanfaat.

BERBAGAI MACAM JENIS-JENIS EKSTENSI FILE

Ada banyak file yang terdapat dalam komputer, seperti file system, program, dan dokumen dari beberapa aplikasi. Untuk memudahkan pengenalan file-file tersebut, setiap software memiliki identitas masing-masing untuk pemberian nama file. Identitas ini disebut dengan ekstensi. Setiap file mempunyai akhiran tiga huruf setelah titik atau disebut dengan ekstensi (ekstension). Ekstensi file berfungsi untuk memudahkan user dalam mengindentifikasi filenya. Ekstensi file (file extension) adalah huruf terakhir setelah titik pada nama file dan menunjukan jenis file. Misalkan nama file kamus.doc mempunyai ekstensi file .doc, dan merupakan file dokumen yang dibuat dengan MS Word. Ekstensi file dapat dikatakan sebagai pengenal jenis file. Kita pernah memperhatikan nama-nama file (berkas) yang ada di komputer? Nah, pada nama-nama file (berkas) tersebut banyak akhiran file (berkas) yang mungkin belum kita ketahui artinya. Misalnya saja kita membuat file yang dibuat dengan program aplikasi Micros