Langsung ke konten utama

FUNGSI TOMBOL F1 - F12 PADA KEYBOARD

Mungkin banyak yang masih bertanya-tanya tentang fungsi tombol special pada keyboard yang diberi kode F1 sampai F12. Mungkin juga ada yang sudah tau tapi mungkin juga belum mengetahui fungsi semuanya. Apa sih kegunaan tombol F1-F12? Apakah berbahaya jika menekan tombol tersebut pada sebuah program? Berikut penjelasan akan manfaat tombol F1 sampai F12 pada keyboard.
Sebetulnya tombol tersebut berfungsi untuk memudahkan akses kita kepada program/software yang sedang berjalan.
Untuk shortcutnya, berikut penjelasannya:

F1 : Help
Apabila kita membutuhkan informasi mengenai sebuah program maka tombol ini berfungsi untuk membuka fitur Help.

F2 : Rename
Untuk mengubah nama file/folder cukup dengan 1 kali klik kemudian menekan tombol F2.

F3 : Search/Find
Digunakan untuk mencari sebuah file (pada jendela Explorer) atau kosakata (pada browser/program office) atau juga program lainnya.

F4 : Window
Identik dengan tombol kematian yang apabila dikombinasikan dengan Ctrl berfungsi untuk menutup sebuah jendela/program. Tapi jika ditekan tunggal berfungsi untuk membuka dropdown menu search.

F5 : Refresh
Berfungsi untuk me-reload (memanggil kembali) atau me-refresh (menyegarkan).

F6 : Addres
Untuk memindahkan cursor untuk memasukkan alamat (search).

F7 : Memeriksa kesalahan
Jika pada aplikasi Office, jika dikombinasikan dengan Shift berfungsi untuk memeriksa ejaan (spell) atau secara garis besar sebagai penanda(bukan bookmark).

F8 : Safe Mode
Berguna untuk masuk ke safe mode pada saat start up komputer.

F9 : Unknown
Hanya digunakan pada beberapa aplikasi/program saja.

F10: Menu
Memindahkan cursor ke menu bar pada sebuah jendela.

F11: Full Screen
Untuk menampilkan dalam modus layar penuh.

F12: Save
Pada beberapa program F12 berguna untuk shortcut save.

Sejalan dengan fungsinya semoga hal ini bisa menambah pengetahuan kita. Selanjutnya kan dibahas mengenai shortcut kombinasinya!
Selamat Mencoba!
PENGALAMAN PRIBADI DAN INTERNET

Komentar

Postingan populer dari blog ini

LJK UAS UKURAN A4 FORMAT MICROSOFT EXCEL

  Bagi yang membutuhkan, LJK UAS UKURAN A4 DALAM FORMAT MICROSOFT EXCEL, silahkan KLIK DISINI . Semoga bermanfaat.

LJK UAS UKURAN FOLIO/F4 PILIHAN GANDA DAN ESSAY FORMAT MICROSOFT EXCEL

Mungkin ada yang membutuhkan, LJK UAS UKURAN FOLIO/F4 PILIHAN GANDA DAN ESSAY DALAM FORMAT MICROSOFT EXCEL , silahkan KLIK DISINI . Semoga bermanfaat.

BERBAGAI MACAM JENIS-JENIS EKSTENSI FILE

Ada banyak file yang terdapat dalam komputer, seperti file system, program, dan dokumen dari beberapa aplikasi. Untuk memudahkan pengenalan file-file tersebut, setiap software memiliki identitas masing-masing untuk pemberian nama file. Identitas ini disebut dengan ekstensi. Setiap file mempunyai akhiran tiga huruf setelah titik atau disebut dengan ekstensi (ekstension). Ekstensi file berfungsi untuk memudahkan user dalam mengindentifikasi filenya. Ekstensi file (file extension) adalah huruf terakhir setelah titik pada nama file dan menunjukan jenis file. Misalkan nama file kamus.doc mempunyai ekstensi file .doc, dan merupakan file dokumen yang dibuat dengan MS Word. Ekstensi file dapat dikatakan sebagai pengenal jenis file. Kita pernah memperhatikan nama-nama file (berkas) yang ada di komputer? Nah, pada nama-nama file (berkas) tersebut banyak akhiran file (berkas) yang mungkin belum kita ketahui artinya. Misalnya saja kita membuat file yang dibuat dengan program aplikasi Micros